Langsung ke konten utama

KKN (TEMAN TIDUR 42 HARI) dan Kisah Kasihnya (PART I)

 

duh jadi kangennn ... hehhee yups kali ini aku mau ngeshare pengalamanku saat di bangku kuliah yaitu melakukan pengabdian ke masyarakat langsung atau sering kita sebut KKN (kuliah kerja nyata). Pertama kali yang aku rasakan saat mau KKN tu, "Ya Tuhan, diriku mau KKN :') kok udah berasa tua ya," wkwkk nah itu yang aku rasakan, karena dulu waktu masih jaman maba liat kakak-kakak tingkat pada KKN yang waowww.. pada naik truk, survei segala macem dan tak ketinggalan cerita unik dari horor, asmara sampai perjodohan (waowww). Dan sekarang aku bakalan ngelakuinnya.. (mantab kan wkwk).  KKN sering dikaitkan dengan bermacam-macam kisah asmara, temenku saja nih sudah persiapan, barangkali ada yang kecantol gitu pas KKN.. hahaha mereka si niat KKN buat nyari jodoh (parah). Oh ya BTW KKN Undip ada KKN Reguler (bikin program sendiri, apa-apa sendiri, biasanya ada 5-15 orang satu kelompok) dan KKN Tematik (ini ngikut program dosen, biasanya satu kelompok ada 20 orang). Nah disini aku ikut KKN Reguler Tim II Undip. Sebenernya waktu itu si aku masih ragu mau ngikut reguler atau tematik, soalnya kalo reguler kan apa-apa sendiri dll tapi kalo tematik kamu bakalan ngikut program dosen dan tentunya ga usah bayar biaya jaket dkk. Tapi persyaratan tematik itu lhoo... ribet. Akhirnya aku ngikut lah yang regulerrr. Hal yang pertama dilakukan adalah melakukan pendaftaran, di web KKN pastinya, kalau KKN reguler ada persyaratannya nih, minimal kamu udah 115 sks (melampirkan transkip nilai) dalam mengambil mata kuliahmu. Setelah melakukan pendaftaran, tinggal menunggu pembagian daerah untuk kamu tempati. 

PENGUMUMAN 
KKN Undip reguler dibagi atas beberapa penempatan lokasi daerah kabupaten antara lain Semarang (ini deket bgt), Temanggung, Jepara, Batang(Jauh), Pemalang, Pati dan Pekalongan (daerah Pantura bang). Pada saat pengumuman penempatan lokasi aku deg-deg an nih (ciehhh) hahaha agak alay si, aku pengennya dapet daerah yang adem" kek di Temanggung (biar aga putihan). Dan pada saat membuka pengumuman di web KKN 

......... taraaaa aku kebagian JEPARA :| 

hmmm aku belum pernah kesana, yang katanya bakalan lebih panas daripada Semarang.. (oh Ya Tuhan :' kulitku ). Di Jepara sendiri dibagi lagi menjadi beberapa Kecamatan, dan aku mendapat Kecamatan Pecangaan, syukurnya lagi anak IESP yang sama dengan lokasiku ada 3 orang (alhamdulillah ada yg dikenal). hahaha setelah pengumuman tersebut kemudian dilanjut dengan pembekalan KKN mulai dari tingkat fakultas dan universitas, di pembekalan ini juga ada tesnya lho. Pembekalan fakultas selama 3 hari dan diisi materi tentang pembuatan program kerja yang sesuai dengan bidang ilmunya (sesungguhnya pada saat pembekalan ini aku tak mengerti apapun hahaha). Kemudian selanjutnya Pembekalan Universitas selama 2 hari, pembekalannya pun tiap kabupaten beda lokasi, Kabupaten Jepara pembekalannya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

PEMBEKALAN KKN 
Setelah pengumuman daerah KKN, kemudian mahasiswa diharuskan memgikuti pembekalan yang diadakan oleh fakultas dan universitas. Pembekalan KKN disini dimaksudkan untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat langsung. Adapun pembekalan kknnya itu isinya seperti cara bikin laporan rencana kerja yang isinya 2 program monodisiplin sesuai dengan ilmu yang dianutnya (jurusan) dan 2 program multidisipsin yang programnya sama kerjasama dengan jurusan lainnya. Selain itu juga dijelaskan pantangan-pantangan yang dijauhi ketika berada di lokasi kkn. Pembekalan KKN ini juga ada Pos tes nya, jadi dosen tau apakah materinya sudah diterima mahasiswa atau belum. kalo misal gagal tes, nantinya mahasiswa melakukan remidi (hiii). tapi jangan khawatir, itu nantinya bakalan dibantu sama temen" kok. Oh ya daftar kehadiran kkn ini juga ada minimal ketidakhadirannya. Pembekalan fakultas ini dibagi atas tiap-tiap daerah kabupaten, mengingat tempatnya yang tidak cukup. Pembekalan fakultas selama 3 hari waktunya sore. Kemudian setelah pembekalan fakultas di lanjut dengan pembekalan tingkat universitas. Materi yang ada di pembekalan universitas ini lebih general, dan bersifat teknis karena pembekalan ini langsung dibagi menjadi per kecamatan. Dalam materinya pun juga langsung didatangkan Perangkat Kecamatan langsung, yang mengenalkan kondisi Kecamatan Pecangaan. Selain itu juga teknis di sana, apa aja yang harus dilakukan selama 42 hari kesana, dan pembagian kelompok kkn tentunya.

BERTEMU MEREKA
Pembekalan Universitas, nah pada saat pembekalan ini aku melihat banyak teman-teman berbagai fakultas. Sebenernya aku disini agak takut si, mengingat aku sendiri orangnya ansos gitu, pendiam, dan ga bisa menyesuaikan lingkungan hahaha. Dari pengamatanku, Mahasiswa yang ditempatkan di Kecamatan Pecangaan ada dari FEB, FISIP, FT, FK, dan FH (oemji ada anak FT dan FK haha). Pembekalan universitas ini kita dikenalin siapa aja dosen yang bakalan membimbing kita di lapangan, ada 3 dosen. Terus kita dibagi lagi menjadi beberapa kelompok untuk diterjunkan di tingkat desa. Kecamatan Pecangaan terdapat 12 desa, dan jumlah mahasiswa waktu itu 85 orang. kalo misal dibagi merata ke 12 desa maka satu kelompok bakalan berisikan 7-8 orang. Karena jumlah tersebut dirasa sangat sedikit, mengingat satu kelompok tersebut harus mengayomi satu desa yang wilayahnya luas, maka hanya dipakai 8 desa yang ada di Kecamatan Pecangaan ini. Waktu pembagian memang belum tau desa mana aja yg bakalan ditempati, akhirnya cuman dibagi desa 1-8. satu persatu nama mahasiswa mulai dibacakan dari desa 1 hingga desa 8. Aku mencatat daftar nama-nama tersebut. cemas-cemas manja aku berharap bakalan satu kelompok dengan mas-mas inceranku di kelas itu (wkwkwk) insting kkn sudah muncul nih. Dan akhirnya namaku disebut di desa 5 tapi sayangnya aku ga sekelompok dengan mas-mas itu :' (belom jodoh). Setelah aku membaca daftar kelompok di desaku aku, dari situ aku melihat mereka dari berbagai macam fakultas salah satunya ada yg berasal dari fakultas sama denganku hmmm. .. setelah semua kelompok dibagiin, selanjutnya dosen menyuruh kami berkumpul setiap desa. 
Oh my god.. pertemuan tatap muka awal dengan teman yg bakalan menemanimu 42 hari kedepan gaes.. rasanya tu awkrd momen. gak tau pada sok jaim atau gmna pokoknya tu, ehmm sepertinya first impression ku sama mereka. "oh oke mereka sepertinya kalem-kalem semua, aku juga mau kalem-kalem ah," batinku wkwk. Lalu kami mulai berkenalan, dari situ aku tahu di kelompokku ada Moch. Fihki Fachrizal dr teknik mesin 13 (oh emji teknik coy, gils, ah tapi aku masih pengen mas-mas dr elektro.. ahaha), trus ada Amelia Firdausy dr teknik sipil 13 (okey waktu ini aku ga begitu ngeh ama doi hahaha maap ya mbak), trus ada sintong dr akuntansi (gausah dijelasin ya), kemudian lanjut Gunawan bayu dr hukum 14 ('awalnya' terlihat pendiem, kalem), trus ada Anggia Dwi N dr hukum 14 juga (yg ini agak cuek ceweknya.. hmmm), kemudian Annisa Khaira Maadi dr gizi 12 (ulalala aku melihatnya cewek periang wkwk), trus ada Nur Dila Alfi Is dari administrasi publik (yg ini pendiem sumpeh), trus ada Alfian Noor Izaat dr administrasi publik (oh ya, dia jadi perwakilan fakultasnya dan dipilih jadi korcam, ulala orangnya putih gaes, dan senyumnya itu lho.. ulala) dan terakhir ada satu lagi tapi orang itu ga ada, katanya sih lagi lomba gitu, nah aku kan kepo ya, orangnya seperti apa? namanya Bianca dr hukum 14, aku lihat deh di grup kecamatan pecangaan, dp yang nama linenya. dan setelah aku lihat. waowww... aku tercengang... waowww... fotonya gaes.. cetar membahana badai tralala trilili, dengan latar belakang salju, dan wajahnya yg terpampang nyata dihiasi senyuman yg membuat mabuk orang kepayang, aku mengiranya "wah ni orang high society nih, gak bisa makan ayam geprek, makannya depsu terus nih"wkwk. nah itu yg aku tangkep dari perkenalan waktu itu, yang pada menjaga image. ini baru perkenalan, dan setelah 42 hari kalian mengenal mereka, kamu bakalan tercengang. oh mereka berubah.. wkwk dr perkenalan tersebut kami membahas tentang persiapan kkn yang ternyata super duper njlimet :(

Perangkat Desa dan Rakyat Biasa
Nah, sebelum penerjunan langsung ke masyarakat, pada saat pembekalan tingkat universitas kemaren selain pembagian kelompok desa, juga memilih perangkat kecamatan dan perangkat desa. Hal ini bertujuan untuk mengkoordinir seluruh mahasiswa baik di tingkat kecamatan maupun di tingkat desa. nah untuk perangkat kecamatan ada Korcam, Wakorcam, Sekcam, Bendahara, Publikasi dan lainnya. nah perangkat kecamatan ini dipilih dari perwakilan masing-masing fakultas.  Setelah perangkat kecamatan juga ada perangkat desa yang meliputi Kordes, Sekdes, Bendes, reporter dan rakyat biasa. Kalo kalian yang ga mau ribet dengan kegiatan kkn tentunya kalian lebih memilih rakyat biasa hahaha. yups, dan kau tau aku jadi apa ? (SEKDES) heol :(. Keputusan yang tidak tepat disaat kamu merupakan anak mageran... hmmmm, adapun Kordes di desaku adalah Fihki karena doi tertua kali ya, jadinya seperti menganyomi :|  kemudian Bendes ada Annisa yang dinilai paling aktif menagihi kas hahaha. Kemudian reporter ada gunbay karena hanya dia yang bawa kamera. Selanjutnya yang lain jadi rakyat biasa (oh bahagianya :').

PERSIAPAN 
 Jika kau tahu ? persiapan kkn sungguh" sangat menyita pikiran dan waktu :' hahaha. Begitu banyak persiapan yang harus kamu bawa di KKN sampai kamu bingung yang dibawa tu apa ja.. Awal persiapan KKN kamu harus bikin jaket KKN dulu. Fyi, Jaket KKN ternayata disini bikin sendiri gaes, bukan dari universitas. Universitas hanya menyediakan desain jaket dan topinya. Jaket KKN itu harus ada Glow In the dark dibagian lengannya. Dalam hal ini mahasiswa mencari tendor yang tepat, murah dan menjamin dalam pembuatan Jaket KKN. Oh ya untuk jaket KKn ini kalian harus milih bahan yang sesuai dengan kondisi lingkungan baik suhu dan lainnya di daerah KKN tempat kalian, Hati-hati dengan zonk penipuan dari tender. 
Setelah  jaket lanjut ke perlengkapan yang harus dibawa. Perlengkapan yang dibawa ada perlengkapan kelompok dan perlengkapan individu. 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wanita Petualang

(kiri:Binot, Kuthuk1, Henty, Aul, Kuthuk2) pict by Langgeng, Loc: Wediombo Beach Ini tulisan pertama dalam blog saya. Berhubung hari ini peringatan Hari Perempuan Internasional yang bertepat pada 8 Maret 2017 maka saya ingin menceritakan petualangan saya dengan perempuan-perempuan tangguh di Pantai Wediombo, yups! siapa lagi kalau bukan teman SMA saya yang paling tercinta.  Planning Cerita ini berawal dari planning ku dan teman-teman untuk berlibur ke suatu Pantai saat liburan semester Januari lalu. Rencana itu memang sudah dipikirkan sejak lama sejak tahun 2016, ya! karena kesibukan masing-masing yang berbeda jurusan bahkan universitas membuat kami susah menemukan waktu untuk kumpul bersama makanya kita berencana dari awal agar bisa booking waktu untuk QT bersama teman-teman. Awalnya kami sudah menyetujui waktu dan tempat yang bakalan kita sambangi saat liburan nantinya bersama-sama. Karena jaraknya yang jauh antara daerah kita dengan lokasi maka kita mengajak teman l

Rasanya Jadi Anak Pantai Selama 2 Hari 1 Malam

Ku kembali lagi... :') setelah berbulan-bulan lamanya ga update sesuatu di blog dikarenakan kesibukan saya pada suatu hal yang membuat mual" kalo memikirkannya terus... yups "SKRIPSI". Heleh.. -.- Mungkin sebelumnya saya post kkn part I ya, wkwk udah pada penasaran part IInya ? atau udah ga excited   lagi :' maaf   ye, sepertinya saya kali ini bakalan   ngepost tentang pengalaman saya tentang hal lain hehehehe. (Yah, kok bukan yang pas kkn? sabar, masih nunggu timingnya)... Kalian tahu ga ?   Akhir-akhir ini banyak berita di daerah Pantai Gunung Kidul lagi kena pasang yang gede banget akibat efek gerhana bulan yang bakal terjadi di 28 Juli, Dan parahnya ombaknya tinggi-tinggi banget sampe  memporak-porandakan bangunan di sekitarnya.. Ngeri dah, :( Jadi buat kalian yang mau ke pantai Bulan Juli, Agustus ini hati-hati ya gaes, jangan ke pantai duluuuu. Mending tho, kalian simak dulu cerita pengalamanku 2 hari 1 malam ngecamp di Pantai Ngrumput bulan M